Minggu, 29 Mei 2011

DEFINISI SPOOF,Membedakan Analytical Exposition dan Hortatory Exposition

Spoof adalah jenis teks yang berisi tentang cerita lucu. Persamaan antara genre NARRATIVE, RECOUNT dan SPOOF adalah penggunaan kata kerja bentuk lampau untuk menceritakan kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi masa lalu. Dalam pelajaran bahasa Indonesia, ketiga jenis teks tersebut dikategorikan sabagai narasi. Namun dalam pelajaran bahasa Inggris, teks narasi dibagi menjadi Narrative, Recount, dan Spoof. Perbedaannya terletak pada isi ceritanya. Narrative cenderung untuk menceritakan dongeng, mitos, fabel, legenda, dan lain-lain. Recount menceritakan pengalaman pribadi seseorang. dan Spoof menceritakan kejadian yang lucu. Dalam menuliskan Spoof, ada tiga tahapan, yaitu:
  1. Menuliskan tokoh yang terlibat, kemudian menceritakan tempat, dan waktu terjadinya peristiwa tersebut. Disebut sebagai Orientation. Tahap yang pertama ini juga sama dengan tahap pertama dalam Recount dan Narrative.
  2. Events, yaitu menceritakan kegiatan yang terjadi secara berurutan. Tahap yang kedua ini juga sama dengan tahap kedua dalam genre Recount.
  3. Twist, menceritakan bagian terlucu di dalam cerita. Tahap inilah yang membedakan Spoof dengan genre lain.
Genre : Spoof
Social Function : To tell an event with a humorous twist
Text Organization :
1. Orientation (Who were involved in the story, where, and when)
2. Events (Tell what happened to a chronological order)
3. Twist (Provide the funniest part of the story)
Contoh teks bergenre spoof:
Penguin in the Park
Once, a man was walking in a park when he came across a penguin.
He took him to a policeman and said, “I have just found this penguin. What should I do?” The policeman replied, “take him to the zoo”
The next day the policeman saw the same in the same park, and the man was still carrying the penguin with him. The policeman was rather surprised and walked up to the man and asked. “Why are you still carrying that penguin about? Didn’t you take t to the zoo?” ‘I certainly did,’ replied the man.
“And it was a great idea because he really enjoyed it, so today I’m taking him to the movies!”

Membedakan Analytical Exposition dan Hortatory Exposition

Sabtu, 17 April 2010

Sebelum kita mengetahui perbedaan teks analytical dan hortatory, mari kita mengenal persamaan dari kedua teks ini. Teks exposition dibagi menjadi dua bagian yaitu analytical exposition dan hortatory exposition.
Exposition adalah jenis teks yang berisi tentang argumen-argumen tentang suatu topik. Dalam menulis teks ini, penulis perlu mencari sumber informasi agar argumen yang dikemukakan cukup kuat untuk mempengaruhi pembaca atau pendengar. Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa menemukan teks exposition dalam diskusi, pidato, iklan, surat, dsb.
Contohnya, ada seorang teman yang merokok, kita bisa saja memberikan pendapat kita bahwa merokok itu tidak baik. So the thesis is “Smoking is not good for your health”. Kemudian kita akan memberikan alasan-alasan mengapa merokok itu tidak baik, so we tell the arguments that support our thesis.
lightbulbSocial function of exposition is to persuade the reader or listener.
Ada 3 tahapan dalam membuat teks analytical, yaitu:
  1. Thesis, berisi tentang suatu pernyataan tentang permasalahan tertentu. Biasanya diawali dengan kalimat I personally think, In my opinion, I believe, dll.
  2. Arguments, berisi tentang alasan-alasan untuk medukung Thesis yang dikemukakan. Diawali dengan kata, atau frase First, Second, Furthermore, In addition, The last, dll.
  3. Reiteration, berisi tentang simpulan dari Thesis, dan Arguments yang dikemukakan. Kata-kata yang digunakan biasanya In my conclusion, Based on the arguments above, dll
Dalam penulisan Hortatory juga ada 3 bagian, yaitu:
  1. Thesis, berisi tentang suatu pernyataan tentang permasalahan tertentu. Biasanya diawali dengan kalimat I personally think, In my opinion, I believe, dll.
  2. Arguments, berisi tentang alasan-alasan untuk medukung Thesis yang dikemukakan. Diawali dengan kata, atau frase First, Second, Furthermore, In addition, The last, dll.
  3. Recommendation, berisi tentang saran dari penulis atas Thesis dan Arguments yang dikemukakan. Biasanya ada kata-kata should, should not, ought to, ought not to, dll.
Perbedaan Analytical Exposition dan Hortatory Exposition terletak di paragraf terakhir. thumbs_up

Masih bingung? smile_thinking  Ok akan saya beri contoh..

Text 1 Smoking in restaurants
Smoking in restaurants is just not on. It must not be allowed because it is rude, harmful to others and dangerous for the smokers.
Firstly, smoking in a restaurant is impolite. The smell of the smoke affects all people and can turn them off their food. People pay to taste good food and not to be put off by foul smelling smoke.
Another reason smoking should not be allowed in restaurant is the harm it can do to others. Passive smoking that is breathing in smoke made by a smoker can lead to asthma attacks and even cancer.
Finally, smoking is dangerous and a health risk to the smokers. Cigarettes cause heart and lung disease and people should not smoke anywhere, not just in restaurants.
Therefore, smoking in restaurants is impolite, harmful to others and a health risk to the smokers and should not be allowed in any restaurants.
Text 2
Is it important to know what your kids are watching? Of course yes. Television can expose things you have tried to protect them from, especially violence, pornography, consumerism, etc.
A study demonstrated that spending too much time on watching TV during the day or bedtime often causes bedtime disruption, stress, and short of sleep duration.
Another research found that there is a significant relationship between the amount of time spent for watching television during adolescence and early adulthood, and the possibility of being aggressive.
Meanwhile, many studies have identified a relationship between kids who watch TV a lot and being inactive and overweight.
Considering some facts mentioned above, protect your children with the following tips:
1. Limit television viewing to 1 – 2 hours each day
2. Do not allow your children to have a TV set in their bedrooms
3. Review the rating of TV shows that your children watch
4. Watch television with your children and discuss what is happening the show

Kedua teks di atas hampir sama, perbedaannya hanya ada di paragraf terakhir. Coba perhatikan paragraf terakhir pada teks 1 yang hanya berisi simpulan tidak ada saran. Memang ada kata “shouldn’t be allowed in the restaurants”, namun itu bukan saran melainkan penguatan dari thesis. Perhatikan lagi thesisnya “It must be allowed because…”
Bandingkan dengan paragraf terakhir pada teks kedua yang berisi saran melalui empat tips yang harus dilakukan to protect the children. Paham?

1 komentar: